-->

Cara Mengatasi Aplikasi PMP Versi 2018 Tidak Terhubung Dapodik

PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan) bekerja bersamaan dengan aplikasi Dapodik. Oleh karenanya, aplikasi ini dapat berjalan jika aplikasi Dapodik telah terinstal pada komputer tersebut. Sistem kerja pada aplikasi ini akan langsung terintegrasi dengan aplikasi dapodik sehingga data yang tampil pada aplikasi PMP versi 2018.05 adalah data yang bersumber dari aplikasi Dapodik.
Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai cara mengatasi Aplikasi PMP Versi 2018 tidak terhubung dengan aplikasi Dapodik


Terdapat beberapa langkah yang dapat kita lakukan guna mengatasi aplikasi PMP tidak terhubung dengan Dapodik. Adapun langkah tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan instalasi aplikasi Pemetaan Mutu PMP dan aplikasi dapodik dalam satu PC/Laptop Melakukan instalasi aplikasi Pemetaan Mutu PMP dan aplikasi dapodik dalam satu PC/Laptop adalah hal yang sangat penting guna menghindari trouble atau masalah yang timbul berupa tidak ada koneksi antara aplikasi Pemetaan Mutu dan Aplikasi dapodik. Aplikasi Pemetaan Mutu PMP dari awal dibuat terintegrasi dengan aplikasi dapodik sehingga jika kedua aplikasi tersebut di instal secara terpisah maka akibatnya adalah aplikasi PMP tidak terhubung dengan aplikasi dapodik.
  2. Gunakan aplikasi Pemetaan Mutu PMP dan Dapodik versi terbaru. Langkah ini juga perlu dilakukan guna menghindari masalah aplikasi Pemetaan Mutu PMP tidak terhubung dengan Dapodik. Versi yang kita gunakan adalah versi yang terbaru. Hingga saat ini, versi yang kita gunakan adalah versi 2018.5. Bila anda belum memiliki aplikasi terbaru, anda dapat kunjungi link berikut ini:
  3. Melakukan Instalasi Ulang Aplikasi Pemetaan Mutu PMP
    Langkah ini kita tempuh apabila langkah yang pertama dan yang kedua sudah kita lakukan, namun tetap menemukan kendala aplikasi Pemetaan Mutu PMP tidak terhubung dengan Dapodik. Ada kemungkinan bahwa terdapat kekeliruan dalam langkah-langkah menginstal aplikasi tersebut atau juga program yang kita gunakan sudah corrupt (rusak) akibat virus atau semacamnya. Jika programnya corrupt, maka kami sarankan anda mengunduh kembali aplikasi tersebut.
  4. Melakukan setting Ulang dbport PMP Dikdasmen
    Mensetting Ulang dbport PMP Dikdasmen ini dilakukan apabila langkah kesatu, kedua, dan ketiga tidak juga dapat mengatasi masalah aplikasi PMP yang tidak terhubung dengan dapodik. Caranya adalah sebagai berikut:
Silahkan anda buka notpad dengan hak akses sebagai administrator. Langkahnya adalah klik icon search the web and windows (windows 10) lalu anda ketik notepad. Jika nama notepad sudah muncul, silahkan anda klik kanan lalu klik run as administrator.


Setelah program notepad terbuka, silahkan anda klik menu file lalu pilih open atau bisa juga dengan menekan tombol keyboard ctrl + o lalu silahkan anda pilih program files --> PMP Dikdasmen -->Dataweb --> pmp --> app --> dbport --> open


Silahkan anda rubah 54313 menjadi 54532


Langkah terakhir silahkan anda buka kembali aplikasi PMP anda.
Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi aplikasi PMP versi 2018 tidak terhubung dapodik.

Demikian Cara Mengatasi Aplikasi PMP Versi 2018 Tidak Terhubung Dapodik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagi yang ingin melihat sumber referensi yang kami tulis tentang Cara Mengatasi Aplikasi PMP Versi 2018 Tidak Terhubung Dapodik bisa langsung menuju laman berikut ini : Sumber artikel

0 Response to "Cara Mengatasi Aplikasi PMP Versi 2018 Tidak Terhubung Dapodik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel